Abstrak
ABSTRAK Soko Prasetyo, 0808036247, Hubungan Antara Manajemen Berbasis Sekolah dan Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah dengan kinerja Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Jakarta Timur. Tesis. Jakarta : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data, fakta dan informasi guna membuktikan apakah terdapat hubungan antara manajemen berbasis sekolah dan kecerdasan emosional dengan kinerja. Hipotesis penelituan adalah (1). Terdapat hubungan positif manajemen berbasis sekolah dengan kinerja. (2). Terdapat hubungan kecerdasan emosional kepala sekolah dengan kinerja. (3). Terdapat hubungan positif manajemen bersbasis sekolah dan kecerdasan emosioanal secara bersama-sama dengan kinerja di sekolah menengah kejuruan jakarta timur. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru sekolah menengah kejuruan Jakarta timur yang berada di wilayah jakarta timur dengan menggunakan model statistic pada tabel issac. Instrumen penelitian untuk ketiga variabel didasarkan pada internal validity, dengan pengujian normalitas dan validitas untuk pengujian taraf ketepatan dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment. Pengujian kestabilan instrumen didasarkan pada internal konsistensi melalui teknik alfa cronbach. Hasil ujicoba menunjukan koefisien dari setiap variabel adalah: manajemen berbasis sekolah ; kecerdasan emosional kepala sekolah; Kinerja Guru. Analisis data dengan menggunakan rumus korelasi dan regrasi. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut : Pertama Terdapat hubungan positif manajemen berbasis sekolah (X1) dengan kinerja Guru (Y), dengan persaman regrasi Ŷ = -1,47 + 0,789 X1, dan koefisien korelasi ry.1 = 0,622 signifikan pada aì = 0,05. Kedua Terdapat hubungan positif kecerdasan emosioanal kepala sekolah (X2) dengan Kinerja Guru (Y), dengan persaman regrasi Ŷ = -12,83 + 0,931 X2, dan koefisien korelasi ry.2 = 0,581 signifikan pada α = 0,05. Ketiga Terdapat hubungan positif manajemen berbasis sekolah (X1) dan kecerdasan emosional (X2), dengan persaman regrasi Ŷ = - 75,511a + 1,063b1 + 0,453b2, dan koefisien korelasi rx.12 = 0,535 signifikan pada α = 0,05 Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan Kinerja guru di sekolah menengah kejuruan jakarta timur. Penelitian ini juga memberikan indikasi bahwa kinerja guru dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan manajemen berbasis sekolah dan kecerdasan emosional kepala sekolah.