Abstrak
ABSTRAK Novie Kurniasih Kamaruddin. Studi Korelasional Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peranan Komite Sekolah dengan Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Tesis: Program Pascasarjana Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis adanya korelasi/ hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan peranan komite sekolah dengan penerapan manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri se-kecamatan Cakung Jakarta Timur. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat korelasi/hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan penerapan manajemen berbasis sekolah; (2) terdapat korelasi/hubungan positif antara peranan komite sekolah dengan penerapan manajemen berbasis sekolah; dan (3) terdapat korelasi/hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan peranan komite sekolah secara bersama-sama dengan penerapan manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei. Populasi target dalam penelitian ini sebanyak 248 orang. Kemudian populasi tersebut dihomogenkan terlebih dahulu sehingga sampel yang diambil adalah khusus guru-guru yang berstatus PNS sebanyak 240 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan populasi terjangkau sehingga guru yang dijadikan sampel adalah 70 orang dengan sebarannya yaitu pada SMA Negeri 11 sebanyak 50 orang, SMA Negeri 76 sebanyak 46 orang, SMA Negeri 89 sebanyak 48 orang, SMA Negeri 102 sebanyak 45 orang dan SMA Negeri 107 sebanyak 51 orang. Dalam menentukan sampel maka penulis menggunakan tehnik acak sederhana (simple random sampling). Untuk uji coba instrumen sampel yang digunakan sebanyak 30 orang guru, yang diambil diluar sampel penelitian. Uji coba dilakukan untuk mengukur tingkat validitas instrumen yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dan mengukur tingkat reliabilitas instrumen yang dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk uji validitas kriteria pengujiannya adalah rhitung > rkritis pada α = 0,05 = 0,361 maka instrumen dikatakan valid. Sesuai perhitungan hasil uji coba instrument menunjukkan bahwa rhitung yang diperoleh adalah lebih besar dari rkritis sehingga instrumen dikatakan valid, kecuali pada item pertanyaan/pernyataan nomor 14 dan 31 pada variabel Y, item nomor 21 pada variabel X1 dan pada item nomor 5, 15, 41 dan 52 pada variabel X2 sehingga item-item tersebut selanjutnya tidak dapat digunakan dalam penelitian. Sedangkan untuk uji reliabilitas kriteria yang digunakan adalah nilai Alpha Cronbach yang diperoleh pada rhitung > rtabel maka instrumen dinyatakan reliabel. Sesuai hasil uji reliabilitas dapat diketahui bahwa nilai Alpha Cronbach yang diperoleh untuk variabel penerapan manajemen berbasis sekolah rhitung = 0,955 > rtabel = 0,361; untuk variabel kepemimpinan kepala sekolah rhitung = 0,961 > rtabel = 0,361; dan untuk variabel peranan komite sekolah rhitung = 0,978 > rtabel = 0,361. Berdasarkan pada hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa item-item pada semua variable dinyatakan reliabel. Untuk hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama terdapat korelasi positif antara kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan penerapan manajemen berbasis sekolah (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 66,30 + 0,98 X1, dengan koefisien korelasi ry1 = 0,64 pada 0,05. Kedua terdapat korelasi positif antara peranan komite sekolah (X2) dengan penerapan manajemen berbasis sekolah (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 6,45 + 0,89 X2, dengan koefisien korelasi ry2 = 0,74 pada 0,05. Ketiga terdapat korelasi positif antara kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan peranan komite sekolah (X2) secara bersama-sama dengan penerapan manajemen berbasis sekolah (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = -9,34 + 0,51X1 + 0,67 X2, dengan koefisien korelasi ry1.2 = 0,79 pada α = 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa antara kepemimpinan kepala sekolah dan peranan komite sekolah baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dapat memberi sumbangan yang sangat berarti dalam upaya penerapan manajemen berbasis sekolah, sehingga diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam membangun sebuah sekolah yang memiliki manajemen yang bersih dan transparan yang mendukung pencapaian prestasi sekolah sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.