Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar matematika dengan cara memberikan model pembelajaran kooperatif teknik STAD dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Di samping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika yang diberi model pembelajaran kooperatif teknik STAD pada kelompok siswa yang memiliki gaya belajar berbeda. Hipotesis penelitian yang diuji adalah 1) Hasil belajar matematika siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif teknik STAD lebih unggul dari pada siswa yang diberi model pembelajaran klasikal, 2) Hasil belajar matematika siswa yang mempunyai gaya belajar visual terhadap matematika siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif teknik STAD lebih unggul dari pada siswa yang diberi model pembelajaran klasikal, 3) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika untuk kelompok siswa yang memiliki gaya belajar auditori terhadap mata pelajaran matematika antara siswa yang yang diberi model pembelajaran kooperatif teknik STAD dengan siswa yang diberi model pembelajaran klasikal, 4) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif teknik STAD dengan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan randomized control group design dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Bekasi, pada tahun pelajaran 2007/2008. Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan 2 x 2, dengan jumlah sample 40 siswa. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis varians (ANAVA), kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi α = 0,05, untuk melihat kelompok mana yang lebih unggul dari kelompok-kelompok yang dibandingkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika pada siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif teknik STAD lebih unggul dibandingkan siswa yang diberi model pembelajaran klasikal. Penelitian ini juga menyimpulkan terdapat interaksi antara pemberian model pembelajaran kooperatif teknik STAD dengan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Kesimpulan untuk siswa yang memiliki gaya belajar visual terhadap mata pelajaran matematika, terdapat perbedaan hasil belajar antara hasil belajar kelompok siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif teknik STAD dengan kelompok siswa yang diberi model pembelajaran klasikal dan untuk kelompok siswa yang memiliki gaya belajar auditorial terhadap mata pelajaran matematika. Disimpulkan juga untuk kelompok siswa yang memiliki gaya belajar auditori pada pelajaran matematika, hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif teknik STAD lebih unggul dari pada kelompok siswa yang diberi model pembelajaran klasikal.