Abstrak
Semakin maraknya iklan kartu telepon genggam membuat persaingan antar provider satu dan provider lainya semakin ketat, masing-masing Provider atau kartu telepon genggam ingin menjadi nomor satu di dalam mengiklanakan produknya. Terkadang di dalam mengiklankan produknya kurang memperhatikan etika periklanan yang sudah ada dan ditetapkan oleh Asosiasi periklanan. Dalam penelitian ini meneliti iklan kartu AS Telkomsel versi ?Sule?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah iklan kartu AS Telkomsel yang dimuat pada media televisi telah memenuhi kode etik periklanan yang dibuat oleh Asosiasi pengiklan Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada pendekatan kuantitatif peneliti dituntut bersikap objektif dan memisahkan diri dari data. Artinya, peneliti tidak boleh membuat batasan konsep maupun alat ukur data sekehendak hati. Semuanya harus objektif dengan diuji dahulu apakah batasan konsep dan alat ukurnya sudah memenuhi prinsip reliabilitas dan validitas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan suatu gejala secara sistematis dan faktual. Penelitian ini menggunakan teori isi media yang bertujuan untuk menggambarkan isi komunikasi dan menguji hipotesis tentang karakteristik pesan. Membandingkan isi media dengan dunia nyata, memperkirakan gambaran media terhadap masyarakat, dan mendukung studi efek media massa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan kartu AS Telkomsel versi ?Sule? dalam mendapatkan hasil yang diteliti menggunakan 5 pengkoder untuk menguji indikator yang sudah penulis tetapkan terkait dengan Etika Pariwara Indonesia. Dari indikator yang terpenuhi 84 sedangkan 76 yang tidak terpenuhi. Ditinjau dari etika Pariwara sudah mematuhi tetapi masih ada yang kurang tepat dalam penulisan kata-kata ?paling murah? karena di dalam ketentuanya kata ?paling? tidak boleh dicantumkan di sebuah iklan. Untuk itu para praktisi iklan lebih memperhatikan lagi iklannya agar tidak dianggap membohongi khalayak atau konsumennya.