Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara (1) Minat belajar dengan prestasi hasil belajar matematika, (2) Kompetensi guru dengan prestasi hasil belajar matematika, (3) Minat belajar dan Kompetensi Guru secara bersama-sama dengan prestasi hasil belajar matematika. Hipotesis yang diuji adalah : (1) Terdapat hubungan positif antara minat belajar dengan prestasi hasil belajar matematika, (2) Terdapat hubungan positif antara kompetensi guru dengan prestasi hasil belajar matetamtika, (3) terdapat hubungan positif antara minat belajar dan kompetensi guru secara bersama-sama dengan prestasi hasil belajar matematika. Metode penelitian adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SMP Negeri 1 Karang Tanjung - Pandeglang. Sampelnya berjumlah 178 siswa yang ditarik dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data variabel minat belajar adalah angket skala Likert. Hasil uji coba untuk variabel tersebut dengan koefisien raliabilitas (r = 0,881) dan variabel kompetensi guru adalah angket model skala Likert. Hasil uji coba untuk variabel tersebut dengan koefisien realiabilitas ( r = 0.883). Sedangkan instrumen prestasi hasil belajar matematika adalah soal pilihanganda. Hasil uji coba untuk variabel tersebut dengan koefisien reliabilitas (r= 0,937). Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis dingunakan statistik korelasi sederhana, parsial dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat belajar prestasi hasil belajar matematika, dengan persamaan regresi Y = 1,95 + 0,0582X1 dan koefisien korelasi ry1 = 4,98, pada taraf α = 0,05. Kedua, terdapat hubungan positif yang signifikan antar kompetensi guru dan prestasi hasil belajar matematika, dengan persamaan regresi Y = 1,24 + 0,0607X2. Dan koefisien korelasi ry2 = 2,74 pada taraf α = 0,05. Ketiga, terdapat hubungan positif antara minat belajar dan kompetensi guru secara bersama-sama dengan prestasi hasil belajar matematika, yang di tunjukkan dengan persamaan regresi Y = 1,95 + 0,0582 + 0,0607X2 sedangkan koefisien korelasi ry1.2 = 10,39 pada taraf α = 0,05. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan bagi para guru kelas 2 SMP untuk meningkatkan metode pembelajaran dengan mempertimbangkan penelitian ini. Bahwa kemampuan dan kualitas prestasi hasil belajar matematika (Y) dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan minat belajar (X1) dan kompetensi guru (X2).