Abstrak
Seiring dengan perkembangan zaman dan pertumbuhan teknologi, masyarakat pun ikut berubah. mereka menginginkan agar semua hal dapat dilakukan dengan cepat, termaksud dalam hal pelayanan. perusahaan-perusahaan jasa mau tidak mau harus siap menghadapi keadaan ini. perusahaan-perusahaan ini dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas prima dan juga cepat. pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kepuasaan pelanggan terhadap kualitas pelayanan customer service laundry 5?a sec pondok indah, jakarta selatan. konsep penelitian yang digunakan mengacu pada konsep lima dimensi karakteristik kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh zeithaml, berry dan parasuraman yang terdiri dari tangible (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tangkap), assurance (jaminan), empaty (empati), metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan jenis penelitin deskriptif dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang diambil dari pelanggan laundry 5? a sec sebanyak 90 responden. hasil penelitian analisis tabel di atas tingkat kepuasaan palanggan laundry 5?asec pondok indah, jakarta selatan bahwa mayoritas responden ada pada katagori tinggi dengan total skor 7616 dari 90 responden. responden (pelanggan) lebih banyak menjawab setuju (s) yang bernilai skor 4 yang terdapat pada lima dimensi karakteristik kualitas pelayanan. secara metodologis penelitian ini menyarankan agar penelitian selanjutnya menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori lain seperti tujuan kualitas pelayanan dan teori loyalitas konsumen sehingga dapat di eksplor lagi secara lebih mendalam dengan latar belakang kepuasaan mereka.