Abstrak
ABSTRAK Prof. Dr. R. Santosa Murwani, Dkk. Evaluasi Kegiatan Perkuliahan Program Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UHAMKA. apa kendala ? kendala yang dihadapi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Populasi evaluasi adalah dosen Program MPEP Pascasarjana UHAMKA. Sampel evaluasi adalah dosen yang aktif mengajar pada semester ganjil dan genap tahun akademik 2003/2004. Sumber data adalah mahasiswa yang aktif kuliah pada semester ganjil dan semester tahun akademik 2003/2004. Dalam penelitian ini digunakan metode survey. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Instrumen evaluasi dikembangkan dari empat indicator utama, yaitu : 1) pengembangan materi perkuliahan; 2) teknik penyampaian materi kuliah; 3) pengelolaan kelas; 4) penggunaan media pembelajaran; dan 5) ketersediaan sarana dan prasarana penunjang perkuliahan. Data hasil evaluasi dianalisis secara deskriptif, dengan cara mendeskripsikan setiap butir instrument dalam bentuk persentase, yang dilanjutkan dengan interpretasinya masing ? masing. Ditemukan bahwa umumnya dosen Program Magiter Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UHAMKA telah melaksanakan tugasnya dengan baik, dan ketersediaan sarana dan prasarana penunjang sudah cukup memadai. Namun demikian ada beberapa dosen yang masih harus menyempurnakan hal ? hal tertentu agar kompetensi mengajarnya menjadi maksimal, terutama dalam hal: 1) penguasaan dan penyajian materi kuliah; (2) disiplin waktu; (3) pengelolaan kelas; (4) penggunaan media pembelajaran; (5) relevansi materi perkuliahan terhadap silabi; (6) kegunaan bahan ajar diberikan bagi penyelesaian studi mahasiswa; dan (7) penggunaan istilah ? istilah bahasa inggris dalam perkuliahan. Sehubungan dengan saran dan prasarana penunjang dan pengelolaan kelembagaan kampus, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah; (1) kursi dan meja perlu diambah dan diperbaharui; (2) AC perlu selalu dikontrol; (3) ketersediaan media belajar perlu dimaksimalkan; (4) pengadaan LAB Bahasa; (5) perlu variasi menu dalam penyediaan konsumsi; (7) bagi Staf administrasi pimpinan PPs dan program studi, sebaiknya menggunakan tenaga dosen yang lebih berkualitas, cepat tanggap terhadap masalah ? masalah yang dihadapi mahasiswa, dan lebih komunikatif dan menciptakan suasana akademik yang lebih kondusif.