Abstrak
ABSTRAK WAHYU GINANJAR. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Komputer Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Jakarta Utara. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh langsung: (1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kualitas pelayanan administrasi sekolah, (2) pemanfaatan teknologi informasi berbasis komputer terhadap kualitas pelayanan administrasi sekolah, dan (3) kepemimpinan kepala sekolah terhadap pemanfaatan teknologi informasi berbasis komputer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi target dalam penelitian adalah seluruh guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jakarta Utara sebanyak 191 orang, sedangkan jumlah sampel penelitian sebanyak 70 orang dengan menggunakan Rumus Slovin. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner model skala likert. Analisis validitas dan realibilitas dalam penelitian dihitung dengan bantuan software SPSS Versi 16. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan iferensial. Pengujian persyaratan statistic meliputi pengujian normalitas menggunakan uji lilliefors dan pengujian homogenitas menggunakan Bartleth. Hasil pengujian persyaratan statistik menunjukkan bahwa data dari ketiga variable berdistribusi normal dan bersifat homogen. Pengujian hipotesis menggunakan pengujian regresi linear, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi. Uji keberartian menggunakan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kepala sekolah terhadap kualitas pelayanan administrasi sekolah, dengan persamaan regresi linear 3 ?X = 64,81 + 0,53 X1 dan koefisien korelasi r13 sebesar 0,645 dan koefisien determinan ρ31 = 0,604, sehingga kontribusi variabel X1 terhadap X3 sebesar 60,4% pada taraf α = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif pemanfaatan teknologi informasi berbasis komputer terhadap kualitas pelayanan administrasi sekolah, dengan persamaan regresi linear 3 ?X = 88,78 + 0,37 X2 dan koefisien korelasi r23 sebesar 0,511 dan koefisien determinan ρ32 = 0,625, sehingga kontribusi variabel X2 terhadap X3 sebesar 62,5% pada taraf α = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan kepala sekolah terhadap pemanfaatan teknologi informasi berbasis komputer, dengan persamaan regresi linear  2 ?X 14,40 + 0,87 X1 dan koefisien korelasi r12 sebesar 0,755 dan koefisien determinan ρ21 = 0,755, sehingga kontribusi variabel X1 terhadap X2 sebesar 75,5% pada taraf α = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya perbaikan kualitas pelayanan administrasi sekolah mengingat hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah dan pemanfaatan teknologi informasi berbasis komputer secara signifikan mampu meningkatkan kualitas pelayanan administrasi sekolah.