Abstrak
ABSTRAK FANNY FAJRIYANI. NIM: 0701075011. Efektivitas Media Gambar Asosiasi Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Katakana Siswa kelas X SMK Jakarta Manajemen Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2010/2011. SKRIPSI. Jakarta: FKIP Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2011. Latar Belakang penelitian ini adalah dikarenakan menurut pelajar yang belajar bahasa Jepang, mengingat huruf katakana lebih sulit dibandingkan mengingat huruf hiragana. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah media gambar asosiasi efektif terhadap kemampuan membaca huruf katakana siswa kelas X SMK Jakarta Manajemen Jakarta Selatan tahun ajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media gambar asosiasi terhadap kemampuan membaca huruf katakana siswa kelas X SMK Jakarta Manajemen Jakarta Selatan tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif eksperimen murni dan design penelitiannya yaitu desain kelompok kontrol pretes dan postes. Sampel penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas X AK sebagai kelas eksperimen dan 24 orang siswa kelas X TN 2 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis penelitian ini melalui uji t diperoleh bahwa hasil thitung adalah 7,64 dan hasil ttabel adalah 1,67. Karena thitung lebih besar dari ttabel (7,64>1,67), H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media gambar asosiasi efektif terhadap kemampuan membaca huruf katakana siswa kelas X SMK Jakarta Manajemen Jakarta Selatan tahun ajaran 2010/2011.