Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi seberapa besar pengaruh keteladanan guru dalam pembentukan akhlak siswa. Variabel yang diteliti adalah keteladanan guru sebagai variable bebas (independen) dan variabel terikatnya (dependen )adalah dalam pembentkan akhlak siswa data primer diperoleh melalui penyebaran angket atau kuesioner pada siswa kelas VIII smpn 215 jakarta barat dan wawancara dengan guru agama islam dan bimbingan konseling, sedangkan data skunder diperoleh melalui studi pustaka literatur lainnya yang berkaitan dengan penelitian Bahwa keteladanan guru dalam pembentukan akhlak siswa di sekolah SMP 215 Jakarta barat terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini menujukan bahwa pengaruh ini bersifat searah artinya satu variabel diikuti oleh variabel ainya. akhlak siswa yang sopan, santun dilihat dari hasil akhir yang penulis dapatkan melalui penelitian : Besar kontribusi variabel X terhadap variabel y, maka dapat dilihat dari angka koefisien determinasi r yaitu r2 100% = 4,4742x 100% = 20% ini berarti besarnya kontribusi keadanan siswa dalam pembentkan akhlak siswa di SMP 215 Jakarta barat 20% sedangkan sisanya 80% yang dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor lingkungan baik lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat, teman dan sekitarnya. Pada uji hipotesis yaitu dengan menggunakan uji- t yaitu r hitung = 4,474. jika konsultasikan dengan t table = -0,03dan menggunakan taraf signifikan 0,05 (5%) diperoleh t table = 2,64. peneliti memberikan kesimpulan bahwa r hitung lebih besar dari tabel ( 4,474 > -0,03 ). maka perbandingan kedua nilai tersebut menunjukan adanya pengaruh yang bearti bagi pembentukan akhalak siswa. Meskipun peneliti ini telah berhasil dalm menguji adanya pengaruh positif antara keteladanan seorang guru dalam pembentukan akhlak tetapi adaa faktor lain yang dapat mempengaruhinya seperti faktor keluarga, faktor keturunan, faktor dari dalam diri sendiri, faktor lingkungan baik itu lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat sekitarnya.