Abstrak
Penelitian ini sebagai alat yang bertujuan untuk mengungkapkan adanya pengaruh kompetensi guru dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hipotesis yang diuji: (1) Terdapat pengaruh langsung kompetensi guru terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia; (2) Terdapat pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia; (3) Terdapat pengaruh langsung kompetensi guru terhadap motivasi berprestasi. Penelitian ini menggunakan metode survey yang dilaksanakan pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Limo Depok. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juni 2009 dengan sampel sebesar 120 siswa kelas V yang tersebar di kecamatan Limo Depok. Adapun sampel tersebut dipilih dengan menggunakan metode acak (multistage random sampling). Pengukuran dan pengambilan data dari masing-masing variabel penelitian ini menggunakan kuisioner. Kemudian data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan statistik analisis jalur dengan taraf signifikansi 0,05 yang terlebih dahulu melewati uji persyaratan analisis. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh langsung Profesionalitas Guru terhadap kinerja guru; persamaan regresi yang didapat , X3 = -35,83 + 0,423 X1, dimana Fhitung =2239,22, Koefisien korelasi=0,975; uji signifikansi korelasi didapat thitung= 47,66 selanjutnya uji statistik pengaruh setelah melalui perhitungan didapatkan P31=0,434 (2) Terdapat pengaruh langsung Komunikasi Interpersonal terhadap kinerja guru; koefisien regresi X3 = -17,311 + 0,28 X2 Fhitung=2576; Koefisien korelasi=0,978;uji signifikansi korelasi didapat t-hitung=50,92 ; selanjutnya uji statistic pengaruh setelah melalui perhitungan didapatkan P32=0,554 (3) Terdapat pengaruh langsung Profesionalitas Guru terhadap Komunikasi Interpersonal; persamaan regresi , X2 = -59,854 + 1,444 X1, Fhitung =2269,8 ; Koefisien korelasi=0,975 ;uji signifikansi korelasi didapat t-hitung=47,66; selanjutnya uji statistik pengaruh setelah mealui perhitungan didapatkan P21=0,975. Implikasi dari hasil penelitian ini: pertama, Dalam upaya meningkatkan Kompetensi guru akan berimplikasi kepada penyediaan bahan-bahan ajar harus dilengkapi berkenaan dengan materi ajar yang diharapkan dapat menopang dan meningkatkan hasil belajar; Kedua, Siswa memahami kemampuan dirinya sendiri baik kapasitas keilmuan maupun kapasitas kepribadiannya sehingga siswa tidak akan minder atau rendah diri bila berhadapan dengan materi pelajaran yang dianggapnya berat atau yang tidak diminatinya;