Abstrak
Tujuan dari tesis ini adalah untuk mengetahui hubungan antara iklim sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru pada Sekolah-sekolah Menengah Atas Negeri. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Depok. Data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasional. Sampel dari penelitian ini sebanyak 60 guru dari SMA-SMA Negeri di Kota Depok yang dipilih secara acak. Hasil penelitian ini menemukan: (1) terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dengan kinerja guru; (2) terdapat hubungan positif antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru; dan (3) terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama dengan kinerja guru pada SMA SMA Negeri di Kota Depok. Ada temuan yang mendasar, bahwa terdapat variasi hubungan positif iklim sekolah dan motivasi kerja guru, baik secara sendiri-sendiri maupun bersamasama, dengan kinerja guru pada SMA-SMA Negeri di Kota Depok. Dengan perkataan lain, makin bagus iklim sekolah dan makin tinggi motivasi kerja guru, maka makin tinggi kinerja guru pada SMA-SMA Negeri di Kota Depok. Oleh karena itu, iklim sekolah dan motivasi kerja guru dapat meningkatkan kinerja guru pada SMA-SMA Negeri di Kota Depok.