Abstrak
ABSTRAK FAKULTAS GIZI-UHAMKA PROGRAM SARJANA GIZI (S1-GIZI) Skripsi, 17 September 2011 Nia Warniasih Persepsi Penampilan Makanan, Citarasa Makanan dan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas II dan Kelas III Terhadap Menu Makanan Biasa Di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi Tahun 2011 xiii+55 halaman, 15 tabel, 7 lampiran Pelayanan kesehatan di Indonesia dipercaya sebagai komoditi yang mahal karena tidak sedikit pasien yang memutuskan menggunakan jasa paranormal/pengobatan lainnya yang lebih murah serta bersahabat. Mahalnya biaya pelayanan kesehatan di Indonesia ini menjadi semakin berat ketika kondisinya sangat tidak terduga. Setiap pasien yang dirawat di Rumah Sakit, tidak dapat memperkirakan jumlah biaya yang akan dikeluarkan. Penilaian tingkat kepuasan penyajian makanan di rumah sakit merupakan salah satu aspek penilaian dari kualitas/mutu penyajian menu. Hal ini dapat digunakan untuk mengarahkan sistem pelayanan rumah sakit, terutama dalam bidang penyajian makanan kepada pasien menjadi lebih baik dari sebelumnya. Salah satu cara penilaian ini adalah dengan mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap menu makanan yang disajikan sehingga dapat mendukung terpenuhinya kebutuhan gizi pasien dalam proses penyembuhan (Padmiari, dkk. 2009). Penilaian seseorang terhadap kualitas makanan berbeda-beda tergantung selera dan kesenangannya. Perbedaan suku, pengalaman, umur dan tingkat ekonomi seseorang mempunyai penilaian tertentu terhadap jenis makanan, sehingga standar kualitas makanan sulit untuk di tetapkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu memperoleh informasi tentang persepsi penampilan makanan dan citarasa makanan serta tingkat kepuasan pasien diruang rawat inap kelas II dan kelas III yang mendapat makanan biasa terhadap menu makanan biasa di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi dengan sampel pasien rawat inap kelas II dan kelas III yang mendapat makanan biasa dan sudah dirawat selama dua hari. Jumlah sampel dalam penelitian ini 93 orang. Untuk mengetahui Persepsi Penampilan Makanan, Citarasa Makanan dan Tingkat Kepuasan Pasien dilakukan analisis univariat. Hasil penelitian dilakukan terhadap 93 sampel, sebagian sampel berpersepsi baik (96,8%) dan merasa puas (98,9%) terhadap menu makanan biasa yang disajikan oleh pihak Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi. DAFTAR PUSTAKA 43 (1987-2010)