Abstrak
FAKULTAS ILMU ? ILMU KESEHATAN UHAMKA PROGRAM STUDI GIZI Skripsi, November 2011 Febrilia Novianti Hubungan Antara Asupan Energi Dan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Pada Murid Di Smk Negeri 3 Tangerang Tahun 2011. xiv + 70 Halaman + 9 Tabel + 9 Lampiran ABSTRAK Pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan tubuh setiap hari dalam jumlah tertentu sebagai sumber energy dan zat-zat gizi (Almatsier 2003). Keadaan status gizi dan kemampuan dalam menerima pelajaran (indeks prestasi) merupakan gambaran apa yang dikonsumsikan anak sekolah dalam jangka waktu yang lama, dapat berupa gizi kurang maupun gizi lebih. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Hubungan Antara Asupan Energi Dan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Belajar SMK Negeri 3 Tangerang 2011. Penelitian ini menggunakan rancangan ?cross sectional? yang bertujuan mencari perbedaan variabel dependent dan variabel independent yang diukur pada saat penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah siwa yang berusia 15 tahun yaitu sebesar 70,6 % (137 siswa), Responden dengan usia 16 tahun yaitu sebesar 22,7 % (44 siswa), sedangkan responden dengan usia 14 tahun yaitu 6,7% (13 siswa). Responden yang berjenis kelamin perempuan yaitu sebesar 80,4% (156 siswa), sedangkan responden yang berjenis kelamin laki ? laki ada 19,6% (38 siswa). Asupan energi sarapan responden dengan kategori lebih dujumpai sebesar 79,9% (155 siswa). Sedangkan asupan energi sarapan responden dengan kategori cukup ada 14,9 % (29 siswa), sedangkan asupan energi sarapan responden dengan kategori kurang sebesar 5,2 % (10 siswa). Responden yang mengalami obesitas sebesar 52,1 % (101 siswa), Responden yang mengalami kegemukan sebesar 30,9 % (60 siswa), sedangkan responden dengan status gizi normal sebesar 16,0 % (31 siswa), dan responden dengan status gizi kurus yaitu sebesar 1,0 % (2 siswa). Responden dengan prestasi belejar sama/diatas rata-rata kelas sebesar 56,2 % (109 siswa). Sedangkan prestasi belajar responden yang dibawah rata-rata kelas didapatkan sebesar 43,8% (85 siswa). Setelah melakukan uji statistik Chi-Square (P = 0,893) dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara Asupan Energi dengan Prestasi belajar di karenakan P = > 0,05. Uji statistik Chi-Square dapat di peroleh P = 0,611 maka dapat disimpulkan tidak ada hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar di karenakan P = > 0,05. Perlu pendidikan gizi yang efektif melalui kegiatan UKS menanggulangi masalah kegemukkan dan obesitas di SMK Negeri 3 Tangerang. Perlu diadakan kantin yang menyediakan makanan yang yang seimbang bagi siswa untuk memakan ? makanan yang sehat untuk siswanya. Daftar Pustaka : 35 (1958 ? 2009)