Abstrak
ABSTRAK Program Sarjana Program Studi Kesehatan Masyarakat Skripsi, Jakarta, November 2011. Fitriasih Analisis Strategi Pemasaran Pelayanan Rawat Jalan di Omni Hospital Pulomas Tahun 2010. Suatu studi kualitatif terhadap efektivitas strategi pemasaran dilihat dari bauran pemasaran dan analisis kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman rumah sakit. ix + 99: 26 tabel + 1 grafik + 6 bagan + 7 diagram + 12 lampiran Pendahuluan, Omni Hospital Pulomas merupakan rumah sakit swasta terkemuka di Jakarta Timur dimana jumlah kunjungan pasien setiap tahunnya masih berfluktuasi/ belum bisa konstan. Dengan analisis strategi pemasaran rumah sakit diharapkan dapat mengetahui efektivitas strategi pemasaran dengan melakuakn evaluasi dan kontrol pemasaran dilihat dari capaian jumlah kunjungan pasien setiap tahunnya. Tujuan, penelitian ini bertujuan untuk melakuakn analisis deskriptif tentang strategi pemasaran pelayanan rawat jalan di Omni Hospital Pulomas serta aspek dan elemen terkait pemasaran pada tahun 2010. Metode, penelitian ini merupaka penelitian deskriptif kualitatif karena melalui penelitian ini akan diperoleh gambaran dari strategi pemasaran rawat jalan yang diterapkan oleh Omni Hospital Pulomas tahun 2010. Serta gambaran hasil analisis mengenai efektivitas strategi pemasaran pelayanan medis berdasarkan komponen-komponen analisis strategi serta untuk mendapatkan perbandingan pencapaian dari strategi pemasaran yang diterapkan dari tahun ke tahun. Hasil, hasil dari penelitian ini adalah gambaran profil rumah sakit Omni Hsopital Pulomas, gambaran pelayanan rawat jalan Omni Hospital Pulomas, hasil analisis strategi pemasaran Omni Hospital Pulomas dimana segmen pasar Omni hospital adalah segmen kelas menengah ke atas, target pemasaran adalah profit oriented dan service oriented serta positioning Omni Hospital berada satu level diatas rumah sakit pesaing sekitar bila dilihat dari posisi kompetitif produk-produk unggulan yang dijadikan pusat rujukan. Serta product unggulan Omni Hospital adalah Urology Centre, Obgyn Centre, dan Orthopaedy Centre. tarif pemasaran berdasarkan BEP, perbandingan, dan permintaan, Lokasi Omni Hospital kurang strategis dalam kaitannya dengan sarana transportasi, promosi pemasaran dilakukan dengan seminar, iklan di web dan talk show. Kesimpulan, hasil analisis dari matriks internal dan eksternal Omni hospital merupakan rumah sakit yang berada pada posisi sedang tumbuh dan berkembang. Strategi pengembangan produk, strategi pengembangan pasar dan strategi penetrasi pasar merupakan langkah yang cocok berdasarkan analisis matriks internal dan eksternal untuk melakukan pemasaran.