Abstrak
Penelitian ini merupakan proses antara sebagai alat yang bertujuan untuk mengkaji adanya pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar kewirausahaan; pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar kewirausahaan; dan pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap konsep diri. Hipotesis yang di uji adalah (1) Terdapat pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap hasil belajar kewirausahaan; (2) Terdapat pengaruh langsung konsep diri terhadap hasil belajar kewirausahaan; (3) Terdapat pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap konsep diri. Dengan mengambil lokasi penelitian di Kota Bogor dengan metode survey, populasi target adalah seluruh peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan se Kecamatan Bogor Barat berjumlah 3.450 peserta didik dengan populasi terjangkaunya adalah peserta didik kelas X berjumlah 1.421 peserta didik dengan sampel sebanyak 142 diambil dengan tekhnik random sampling. Instrumen penelitian untuk perhatian orang tua dan konsep diri menggunakan kuisioner dan hasil belajar kewirausahaan diperoleh melalui tes hasil belajar kewirausahaan. Sebelum digunakan untuk penelitian, terlebih dahulu diadakan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan realibilitasnya. Hasil uji coba menunjukan bahwa keterandalan masing-masing instrumen adalah sebagai berikut : instrument Perhatian Orang Tua dengan koefisien reliabilitas 0,907; instrumen Konsep Diri dengan koefisien reliabilitas 0,906 dan instrumen Hasil Belajar Kewirausahaan dengan koefisien reliabilitas 0,896, analisis data menggunakan SPSS versi 16 for windows. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut : pertama, terdapat pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap hasil belajar kewirausahaan dengan koefisien korelasi r₁₃ = 0,77 pada taraf signifikasi α = 0,05. persamaan regresi X? ₃ = 22,61 + 0,6175X₁ dan nilai koefisien jalur p₃₁ = 0,521. kedua, terdapat pengaruh langsung konsep diri terhadap hasil belajar kewirausahaan dengan koefisien korelasi r₂₃ = 0,73 pada taraf signifikasi α = 0,05. persamaan regresi Regresi X? ₃ = 15,87 + 0,7326 X₂ dan nilai koefisien jalur p₃₂ = 0,377. Ketiga, terdapat pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap konsep diri dengan koefisien korelasi r₁₂ = 0,67 pada taraf signifikasi α = 0,05. persamaan regresi X? ₂ = 41,10 + 0,5277X₁ dan nilai koefisien jalur ρ₂₁ = 0,67. Sebagai implikasi dari penelitian ini adalah bahwa orang tua diharapkan terus menerus untuk meningkatkan perhatiannya kepada anaknya dalam upaya meningkatkan hasil belajar.