Abstrak
Tesis ini bertujuan untuk membuat dan mengembankan instrumen yang valid dan reliabel tentang berpikir kritis siswa dalam pelajaran Matematika tingkat SMP di kota Tangerang. Tiga SMPN di Kota Tangerang dipilih secara Purposive Sampling dari 24 SMPN dengan mengutamakan siswa kelas VII dan VIII. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini mengunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development / R&D). Metode ini digunakan untuk mengembangkan suatu produk dan menguji keefektifan produk kemampuan berpikir kritis dalam Matematika. Penelitian ini juga sekaligus untuk mendapatkan gambaran tentang kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran Matematika siswa SMPN yang berada di Kota Tangerang. Hasil evaluasi dapat disimpulkan sbb : (1) dari 60 butir soal yang mewakili tiap dimensi dan indikatornya hanya 38 butir yang valid setelah dinilai oleh guru-guru matematika di Kota Tangerang sebanyak 20 panelis. Penilaian berdasarkan nilai CVR hitung dengan CVR tabel minimum, yang diperoleh nilai CVR tertinggi 0,8 dan terrendah 0,4. (2) validitas butir instrumen berpikir kritis berkisar dari 0,271 sampai 0,695. Hasil perhitungan reliabilitas menggunakan KR.20 diperoleh koefisien sebesar 0,906 yang berarti reliabilitas instrumen berpikir kritis sudah memadai. Kemampuan berpikir kritis siswa SMP Kota Tangerang dalam pelajaran matematika belum berkembang dengan baik, hal ini dapat dilihat prestasi yang masih kurang. Pengetahuan guru tentang soal-soal yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis perlu ditingkatkan sehingga mampu mensisipkan soal ke dalam materi. Perhatian Dinas Pendidikan dalam peningkatan kualitas guru mata pelajaran terus lebih diperhatikan, dengan mengirimkan dalam kegiatan atau seminar tentang berpikir kritis tersebut.