Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara sikap guru terhadap profesi (X1) dan penguasaan materi (X2) dengan kualitas tes fisika buatan guru (Y), baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Hipotesis yang diuji adalah : (1) terdapat hubungan positif antara guru terhadap profesi dan kualitas tes fisika buatan guru, (2) terdapat hubungan positif antara penguasaan materi dan kualitas tes fisika buatan guru, dan (3) terdapat hubungan antara sikap guru terhadap profesi dan penguasaan materi secara bersama-sama dengan kualitas tes fisika buatan guru. Populasi penelitian ini adalah guru-guru fisika yang mengajar di SMPN kota Tangerang yang berjumlah 70 orang guru dan diambil sebagai sampel sebanyak 40 orang guru dengan menggunakan teknik stratifield random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner dan instrumen tes. Data variable sikap guru terhadap profesi menggunakan kuesioner dengan skala likert, data penguasaan materi menggunakan kuesioner dengan skala likert, data penguasaan materi menggunakan tes dan data variabel kualitas tes fisika buatan guru diambil dari hasil penelitian soal secara teoretik dan empirik yang kemudian dikonvermasikan ke dalam rumus T-skor. Hasil Penelitian