Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : (a) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi. (b) mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar mengajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu : siklus I (61,90), siklus II (75). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa SMP Maestro Pakuhaji Mauk Tangerang, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.