Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII IPA dengan teknik mind mapping pada pokok bahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 63 Jakarta Selatan dan SMAN 5 Tangerang Selatan, pada bulan Juli 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan model desain Cluster Random Sampling. Populasi adalah siswa kelas XII IPA di SMAN 63 Jakarta Selatan dan SMAN 5 Tangerang Selatan, sampel yang digunakan adalah kelas XII IPA1 di SMAN 63 Jakarta Selatan (39 orang) dan di SMAN 5 Tangerang Selatan (38 orang). Instrumen penelitian berupa tes mind mapping dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa di SMAN 63 Jakarta Selatan dan di SMAN 5 Tangerang Selatan tergolong cukup. Pada latar belakang mind map siswa dan persepsi siswa tentang mind map di SMAN 63 Jakarta Selatan dan di SMAN 5 Tangerang Selatan tergolong baik. Kompetensi guru dalam mind map di SMAN 63 Jakarta Selatan dan di SMAN 5 Tangerang Selatan tergolong sangat baik