Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuh mengobservasi strategi yang digunakan oleh guru bahasa Inggris ketika mengajar teks reading narrative. Bahasa Inggris diajarkan sebagai bahasa asing di kelas 8 SMP. Penelitian ini untuk menjawab pertanyaan (1) Strategi apa yang digunakan guru bahasa Inggris dalam mengajar teks reading narrative? (2) Hambatan apa saja yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar teks reading narrative di SMP? (3) Apakah pengaruh strategi yang digunakan terhadap belajar siswa? Peserta yang diteliti dipilih dari SMPN 142. Guru yang pertama adalah guru yang pernah mendapatkan pelatihan tentang cara mengajar reading terutama narrative. Guru yang kedua adalah guru yang tidak pernah mendapatkan pelatihan mengajar reading. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi kelas, wawancara guru dan wawancara murid. Data tersebut dianalisa secara kualitatif dengan mengkategorisasikan teori yang berhubungan dengan strategi pengajaran sebelum, selama dan sesudah aktivitas membaca. Tahap-tahap pengajaran reading narrative adalah BKOF (Building Knowledge of Field), MOT (Modeling of Text), JCOT (Joint Construction of Text) and ICOT (Individual Construction of Text).Temuan utama penelitian ini adalah kedua guru tersebut telah mengajar dengan menggunakan strategi yang membuat siswa memahami teks reading narrative. Tetapi guru yang tidak pernah mendapatkan pelatihan cara mengajar reading narratve mampu memotivasi siswa untuk membaca. Sedangkan guru yang telah mendapatkan pelatihan dan mendapatkan banyak teori mangajar reading narratve tidak menerapkan semua teori tersebut karena tidak mempunyai usaha dan kemampuan.