Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa FKIP Biologi UHAMKA pada teori evolusi Darwin. Penelitian ini dilaksanakan di FKIP Biologi UHAMKA pada bulan Juni 2011 dengan sampel penelitian berjumlah 91 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif berbentuk pilihan ganda dengan alasan (reasoning). Dalam bagian alasan, mahasiswa harus menulis mengapa ia memilih jawaban tersebut. Tes tentang teori evolusi Darwin yang diberikan sebanyak 20 butir soal. Berdasarkan permasalahan yang diteliti, maka data dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa yang mengalami miskonsepsi pada teori evolusi Darwin sebesar 67,03% dengan rincian persentase miskonsepsi rata-rata dari mahasiswa berdasarkan nilai IPK tinggi 60%, IPK sedang 66,67%, dan IPK rendah 77,78%. Besarnya persentase miskonsepsi relatif sama pada tiap tingkatan. Mengatasi miskonsepsi dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas pembelajaran biologi.