Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan pengetahuan tentang limbah dengan sikap siswa terhadap lingkungan di SMK N Kab Tangerang, tahun pelajaran 2010/2011. Sampel diambil dengan teknik secara (Cluster Random Sampling). Yaitu dengan mengambil satu kelas sebanyak 30 siswa dari populasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Variabel bebas (X) adalah hasil pengetahuan tentang limbah (Y) adalah sikap siswa terhadap lingkungan. Uji validitas angket dengan dosen ahli. Uji validitas instrumen menggunakan rumus kolerasi product moment, Pengujian normalitas untuk variabel X didapat X2 < X2 0,99(3) = 11,3 , dan untuk variabel Y didapat X2 < X2 0,99(3) = 11,3, maka dapat disimpulkan sampel berdistribusi normal. Perhitungan regresi linear diperoleh = 97,900 + 0.082 . Hasil perhitungan uji linieritas diperoleh Ftc = 1,47 < F0,99(17/11) = 4,18, sehingga model regresi adalah linier artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Koefisien korelasi variabel X dan Y yang dihitung dengan analisis kolerasi product moment diperoleh 1xy=0,267. Selanjutnya menghitung keberartian korelasi dengan menggunakan uji t-Student dari 1xy=0,267 didapat thitung = 1,466 < 2,05 = t(/2,978(33) dengan taraf signifikansi a = 0,05. Hal ini berarti H0 diterima, maka terdapat hubungan yang tidak signifikan antara pengetahuan tentang limbah dengan sikap siswa terhadap lingkungan. Koefisien determinasi r2 = 0,060 hal ini berarti pengetahuan tentang limbah memberikan kontribusi 6,0% terhadap sikap siswa terhadap lingkungan.