Abstrak
Penelitian yang berjudul ?Efek Pembelajaran Tematik dan Pembelajaran Berbasis Kasus terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman pada Mata Kuliah Jurusan Keagamaan Buddha di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten Tahun Akademik 2010/2011 Mahasiswa Semester 1? ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Dari total populasi yang berjumlah 160, 40 siswa diantaranya dipilih menjadi sample dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling teknik. Siswa-siswa tersebut dibagi menjadi 2 kelompok yang diberi anama kelompok eksperiment satu (E1) dan kelompok eksperiment dua (E2). Masing-masing kelompok ekpsperiment tersebut diberi perlakuan yang berbeda diamane kelompok epksperiment satu diajar menggunakan pembelajaran tematik sedangkan kelompok eksperiment dua menggunakan pembelajaran berbasis kasus. Sebelum melakukan uji-t dan analisis statistic terlebih dahulu data di normalkan menggunakan rumus Spearman untuk melihat normalitas dan homogenitas distribusi data. Unstuk menjawab pertanyaan penelitian dan menguji hipotesis penelitian, peneliti menggunakan uji variable dependen dan uji variable independent untuk masing-masing data yang berasal dari variable yang berbeda. Setelah dilakukan uji independent variable ditemukan bahwa nilai mean yaitu E1 adalah 82.3000 and E2 82.2000. Dalam hasil uji dependen terdahulu didapatkan bahwa masing-masing metode terbukti efektif dalam meningkatkan skor perolehan membaca pemahaman, namun pada akhir uji keseluruhan terhadap independent diperoleh data bahwa mean untuk pembelajaran tematik lebih tinggi. Kesimpulannya, pembelajaran tematik dan berbasis kasus terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, namun pembelajaran tematik juga terbuktu lebih efektif bila dibandingkan dengan metode bebasis kasus dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman khususnya mahasiswa pada Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.