Abstrak
ABSTRAK Garvin Tianti. NIM: 0701045303. upaya meningkatkan hasil belajar PKn tentang musyawarah melalui metode Role Playing pada siswa kelas II SDN Cempaka Putih II. Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar PKn tentang musyawarah siswa kelas II SDN Cempaka Putih II Kec. Ciputat Timur Kab. Tangerang Selatan Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yaitu: siklus I dan siklus II. Dalam pelaksanaan penelitian PTK ini yang diteliti adalah: hasil belajar siswa dan pengamatan proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan hasil belajar 60 % dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 85% dan rata-rata siklus II meningkat menjadi 91%. Aktifitas siswa dalam aspek psikomotorik meningkat dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I didapatkan rata-rata 29,7%, rata-rata siklus II meningkat menjadi 37,5%, sedangkan aktifitas siswa dalam aspek efektif juga meningkat. Pada siklus I didapatkan rata-rata 31% dan rata-rata siklus II meningkat menjadi 38,7%. Dengan demikian dapat diambil kesimpilan bahwa model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus II.