Abstrak
ABSTRAK ANNISA ASTARI. NIM: 0701055011, ANALISIS ASPEK PSIKOLOGI SASTRA NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA. Skripsi. Jakarta: FKIP-UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan fakta mengenai aspek psikologi sastra mengenai id, ego dan super ego yang terdapat dalam novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy dan implikasinya dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif berdasarkan analisis isi yaitu mendeskripsikan aspek psikologi sastra yang merupakan unsur ekstrinsik karya sastra. Hasil analisis menunjukkan bahwa, id, ego dan super ego (1) Kepribadian tokoh-tokoh dipengaruhi oleh id, ego, dan super ego. Ketiga sistem kepribadian itu saling bekerja dengan prinsip yang berbeda satu sama lain tetapi ketiganya berfungsi sebagai satu kesatuan dalam kepribadian. Ego sebagai eksekutif kepribadian dapat bekerja dengan baik untuk menjembatani antara id dan super ego. Dalam beberapa kejadian, dorongan super ego lebih dominan dari pada id, hal inilah yang membentuk kepribadian Fakhri yang di penjara atas tuduhan memperkosa, membuat kekuatan juga kegigihannya dalam mempertahankan kebenaran yang amat kuat tergambar sehingga membentuk kepribadiannya. Super ego yang merupakan aspek moral kepribadian mendorong pribadi Fakhri untuk tetap konsisten pada kebenaran. (2) Konflik-konflik yang dialami Fakhri timbul karena banyaknya wanita yang mencintai dirinya yang mengakibatkan kecemburuan besar setelah Fakhri memutuskan menikah dengan Aisha, maka tuduhan memperkosa Noura juga membuat Maria hampir meninggal karena tak kuasa menahan sakit ditinggal Fakhri membuat adanya konflik yang terjadi. (3) Dalam menghadapi konflik ini Fakhri dihadapkan pada situasi serta keadaan yang melemahkan semangatnya dalam berjuang memperoleh kebenaran. Namun dalam menghadapi konflik ini, tokoh Fakhri menunjukkan sikapnya yang tegas untuk tetap berjuang dengan caranya sendiri Implikasi hasil penelitian ini, dapat dijadikan bahan pembelajaran apresiasi sastra (novel) sehingga bahan yang akan diajarkan lebih bervariasi dan tidak hanya mengandalkan buku paket. Melalui novel yang mengandung aspek psikologi sastra, anak didik akan mendapatkan banyak pengetahuan yang dapat dijadikan pelajaran dalam kehidupan sehari-hari.