Abstrak
ABSTRAK DEWI,9721121008 KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SEBUAH WANCANA NARASI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 142 JOGLO JAKARTA BARAT. Skripsi, Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang ada tidaknya korelasi antra kemampuan membaca pemahaman sebuah wacana narasi dengan kemampuan menulis narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 142 Joglo Jkarta Barat. Sejalan dengan penelitian tersebut , maka penelitian ii menggunakan metode deskriptif korelasional. Metode deskriptif korelasional digunakan untuk memperoleh data tentang korelasi antara kemampuan membaca pemahaman sebuah wacana narasi dengan kemampuan menulis narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 142 Joglo Jakarta Barat. Untuk mendapatkan data, penulis memberikan dua macam tes, yaitu: berupa tes membaca pemahaman , yang terbentuk soal pilihan ganda dan berupa tes menulis narasi , yang berupa karangan, yaitu: menulis pengalaman pribadi yang mengesankan yang diberikan kepada siswa kelas VIII SMP 142 Joglo Jakarta Barat. Hasil penelitian membuktikan bahwa hasil pengujian hipotesis, korelasi antara kemampuan membaca pemahaman sebuah wacana narasi dengan kemampuan menulis narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 142 Joglo Jakarta Barat, terhadap korelasi, yang dibuktikan dengan r hitung berada di atas angka r tabel dengan sample 60 siswa pada taraf signifikasi 5 % = 0,245 (0,801 > 0,254). Penelitian berkesimpulan bahwa antara kemampuan membaca pemahaman sebuah wacana narasi dengan kemampuan menulis narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 142 Joglo Jakarta Barat terdapat korelasi tinggi. Dengan demikian semakin tinggi nilai kemampuan membaca pemahamannya, maka semakin tinggi nilai kemampuan menulis narasinnya.