Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode investigasi kelompok berbais worksheet dan metode demonstrasi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: ?Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang di ajar dengan menggunakan metode investigasi kelompok berbasis worksheet dan metode demonstrasi?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 24 Tangerang kelas VIII , pada semester genap tahun pelajaran 2010-2011. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data mengunakan instrumen penelitian berupa tes objektif sebanyak 26 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji lilliefors serta uji homogenitas dengan uji fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,094 < 0,161 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,085 < 0,161 = Ltabel , maka kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 0,990 < 1,861 = Ftabel, maka kedua sampel tersebut homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung = 4,497 > 2,002 = ttabel dengan taraf signifikansi a = 0,05. Hal ini berarti tolak H0 atau terima H1. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode Investigasi kelompok berbasis worksheet dan metode demonstrasi .