Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh Brain Gym terhadap hasil belajar matematika siswa. Sebagai kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan Brain Gym. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: ?Terdapat pengaruh penggunaan Brain Gym terhadap hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Peninggilan 4 Tangerang Kelas IV (empat) pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Sampel yang diteliti sebanyak 76 siswa yang terdiri dari 38 siswa kelas eksperimen dan 38 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan Brain Gym sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan bilangan romawi. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Point Biserial orrelation didapat 25 soal yang valid dan 15 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas sebesar r = 0,859. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,076 < 0,144 = L0,05(38) sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,117 < 0,144 = L0,05(38), maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,243 < 1,724 = F0,05(37,37), hal ini berarti sampel tersebut diambil dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung = 2,063 > 1,995 = t0,975(54) dengan taraf signifikansi a = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaaan Brain Gym terhadap hasil belajar matematika siswa.