Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan kontekstual berbasis pemodelan dan pendekatan deduktif. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah:? Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Pemodelan dan Pendekatan Deduktif?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 4 Cipondoh Kelas VIII (delapan) pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pendekatan kontekstual berbasis pemodelan dan pendekatan deduktif sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Sebelum instrumen penelitian ini diberikan kepada objek penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen yaitu dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari uji validitas dengan rumus korelasi point biserial diperoleh 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan hasil dari uji reliabilitas dengan rumus K-R.20 diperoleh rhitung = 0,822 > 0,320 = rtabel. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,117<0,161 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,103<0,161= Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel diperoleh dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,288 <1,861= Ftabel, hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian statistik dengan menggunakan uji t didapat thitung = 2,062 >2,002 = ttabel dengan taraf signifikansi = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan kontekstual berbasis pemodelan dan pendekatan deduktif.