Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode TGT berbasis worksheet dan metode ekspositori. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode TGT berbasis worsheet dan metode ekspositori?. Penelitian ini dilaksankan di SMP Negeri 81 Jakarta kelas VII pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Sampel diambil secara acak dengan mengambil sebanyak 60 siswa dari populasi 80 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 27 butir soal yang sebelumnya telah diuji validitas menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dan reliabilitas enggunakan rumus KR-20. Sebelumnya data dianalisis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji lilliefors dan uji homogenitas enggunakan uji Fisher. Pada kelompok eksperimen pengujian normalitas didapat 0,117 hitung L tabel dan kelompok kontrol didapat 0,081 hitung L tabel , Ltabel pada kelompok eksperimen dan kontrol dengan taraf signifikansi  = 0,05 dan n = 30 adalah 0,161 karena Lhitung = 0,117 < 0,161 = Ltabel untuk kelompok eksperimen dan Lhitung = 0,081 < 0,161 = Ltabel untuk kelompok kontrol, maka disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,140 dengan Ftabel = 1,858 pada taraf signifikansi  = 0,05, dk pembilang = 29 dan dk penyebut = 29 karena F(0,95(29,29)) < Fhitung < F(0,05(29,29)) (0,538 < 1,140 < 1,858), maka disimpulkan varians kedua kelompok sama, berarti sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunkan uji?t diperoleh thitung = 2,154 dengan taraf signifikan  = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 58 didapat thitung = 2,154 > 2,002 = Ftabel maka Ho ditolak, yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode TGT berbasis worksheet dan metode ekspositori. v KATA PENGANTAR Bismilahirrahmannirrahim Alhamdulillahi robbil?alamin, segala puji dan syukur Penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kemudahan, rahmat dan karunia-Nya sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini, Shalawat beserta salam senantiasa tercurah pada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan para umaynya hingga akhir zaman. Skripsi ini dibuat untuk untuk memenuhi salah satu persyaratan agar penulis dapat menyelesaikan perkuliahan guna mencapai gelar sarjana Strata Satu. Skripsi ini berjudul ?Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Metode Team Games Tournament Berbasis Worksheet dan Metode Ekspositori di SMP Negeri 81 Jakarta?. Skripsi ini membuktikan perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan metode Team Games Tournament berbasis worksheet dan metode ekspositori. Dalam proses penulisan skripsi ini tidak selalu berjalan lancar, banyak kesulitan dan hambatan yang penulis hadapi. Sehingga terkadang sering timbul perasaan jenuh, namun dengan adanya berbagai pihak yang memberikan motivasi, bantuan dan bimbingan yang tidak ternilai harganya, akhirnya penulisan skripsi ini dapat terselesaikan. Atas bimbingan dan petunjuk yang diberikan itu, maka pada kesempatan ini penulis menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya