Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh media kartu matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan media kartu matematika. Media kartu matematika adalah media yang digunakan pada saat pembelajaran matematika. Hipotesis yang diajukan: ?Terdapat pengaruh penggunaan media kartu matematika terhadap hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Jakarta Barat, kelas X (sepuluh) pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pengunaan media kartu matematika sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Korelasi Point Biserial didapat 26 soal yang valid dan 14 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R.20 didapat rhitung = 0,859 > 0,329 = r(0,05(36)), maka instrumen yang digunakan reliabel. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,128 < 0,161 = L(0,05(30)) sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh data Lhitung = 0,143 < 0,161 = L(0,05(30)), maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh data Fhitung = 0,884 < 1,858 = F(0,05(29,29)), hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengajuan hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh data thitung = 5,365 > 2,002 = t(0,975(58)) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kartu matematika terhadap hasil belajar matematika siswa.