Abstrak
PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP PEMAHAMAN TEKS BACAAN ?DOKKAI? PADA MAHASISWA SEMESTER 4 TAHUN AJARAN 2010 ? 2011 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. SILVANA 0701075028 Latar belakang, Dalam bahasa Jepang, kemampuan membaca terdapat dalam pembelajaran dokkai yaitu membaca untuk memahami teks bacaan. Dimana untuk dapat memahami teks bacaan diperlukan beberapa aspek yang harus dikuasai oleh siswa yaitu penguasaan kosakata, pola kalimat, huruf, dan kebudayaan. Adapun kesulitan yang dirasakan oleh pembelajar bahasa Jepang pada waktu mempelajari dokkai adalah memahami huruf, pola kalimat dan kebudayaannya, tetapi kalau tidak memahami kosakatanya, maka akan terasa sulit untuk dapat memahami isi teks bacaannya. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penguasaan kosakata sangat dibutuhkan dalam dokkai. Apakah terdapat pengaruh antara penguasaan kosakata terhadap dokkai. Apakah terdapat pengaruh antara penguasaan pola kalimat terhadap dokkai. Apakah terdapat pengaruh antara penguasaan huruf terhadap dokkai. Apakah terdapat pengaruh antara kebudayaan jepang terhadap dokkai. Seberapa besarkah penguasaan kosakata mempengaruhi dokkai. Dan batasan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah terdapat pengaruh antara penguasaan kosakata terhadap dokkai. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami isi dari sebuah teks bacaan. Untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam penguasaan kosakata yang telah dipelajari. Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara penguasaan kosakata terhadap dokkai. Untuk mengetahui sejauh manakah penguasaan kosakata mempengaruhi dokkai. Dan manfaat penelitian ini yaitu dapat mengetahui pengaruh antara penguasaan kosakata terhadap dokkai. dapat mengetahui sejauh mana penguasaan kosakata mempengaruhi dokkai. menambah wawasan. lebih menekankan kosakata. Dan salah satu referensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui tes. Adapun hasil penelitian yang dilakukan adalah Terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap pemahaman teks bacaan. Yang berdasarkan intepretasi nilai r dapat dikatakan memiliki pengaruh yang cukup kuat yaitu sebesar 17,05 %.