Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan media flash movie terhadap hasil belajar matematika siswa. Media media flash adalah media yang digunakan pada saat pembelajaran matematika. Hipotesis yang diajukan : ?Terdapat pengaruh penggunaan media flash movie terhadap hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Tangerang, kelas VII pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Sampel yang diteliti sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan media flash movie dan tidak menggunakan media flash movie sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan terlebih dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi point biserial didapat 30 soal valid dan 10 soal tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung= 0,949 > 0,325 = rtabel dan soal reliabel. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Pengajuan hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh data thitung = 3,947 > 1,997 = ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media flash movie terhadap hasil belajar matematika siswa.