Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika peserta didik dengan metode STAD dan metode demonstrasi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ? Terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan metode STAD dengan yang diajar menggunakan metode demonstrasi?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Tangerang Kelas VIII (delapan) pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Sampel yang diteliti sebanyak 80 peserta didik yang terdiri dari 40 peserta didik kelas eksperimen dan 40 peserta didik kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode STAD dan metode demonstrasi sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika peserta didik. Instruman penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus korelasi biserial didapat 26 soal yang valid dan 14 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 sebesar rhitung = 0,882 > 0,316 = rtabel dapat dikatakan instrumen reliabel. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,137 < 0,140 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,131 < 0,140 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel diperoleh dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,025 < 1,705 = Ftabel, hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung = 7,691 > 1,994 = ttabel dengan taraf signifikansi = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode STAD dengan yang diajar menggunakan metode demonstrasi.