Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan operasi hitung bilangan dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan volum dan luas bangun ruang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan yang positif antara kemampuan operasi hitung bilangan dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan volum dan luas bangun ruang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Yapenka Jakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa dari 83 siswa kelas IX yang diambil secara acak dari 3 kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasi. Variabel bebas adalah Kemampuan operasi hitung bilangan dan variabel terikat adalah hasil belajar matematika pada pokok bahasan volume dan luas bangun ruang. Pengambilan data Kemampuan operasi hitung bilangan dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan volum dan luas bangun ruang menggunakan tes. Pengujian validitas kedua instrumen menggunakan rumus koefesien korelasi Biserial. Pengujian reliabilitas kedua instrumen menggunakan rumus K-R 20. Reliabilitas instrumen kemampuan operasi hitung bilangan didapat dari sampel sebesar 0,942, sedangkan instrumen hasil belajar matematika pada pokok bahasan volume dan luas bangun ruang didapat dari sampel sebesar 0,945. Pengujian persyaratan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dengan uji Lilliefors pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil perhitungan uji normalitas untuk data Kemampuan operasi hitung bilangan diperoleh Lo < Ltabel sebesar 0,1229 < 0,161 dan data hasil belajar matematika pada pokok bahasan volume dan luas bangun ruang diperoleh Lo < Ltabel sebesar 0,0782 < 0,161 maka disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Pengujian dilakukan dengan analisis regresi Ŷ = - 0,609 + 1,179X. Uji signifikansi regresi diperoleh Fhitung > Ftabel sebesar 982,095 > 4,20 sehingga regrsesi signifikan dan uji linearitas regresi diperoleh Fhitung < Ftabel sebesar 1,1202 < 2,48 sehingga disimpulkan regresi linear yang berarti terdapat hubungan linear antara kedua variabel. Untuk koefesien korelasi menggunakan rumus product moment memberikan hasil rhitung sebesar 0,986 kemudian menguji signifikansi koefesien korelasi. Dari rhitung sebesar 0,986 diperoleh thitung sebesar 32,012 sedangkan harga ttabel dengan α = 0,05 sebesar 1,701 karena thitung > ttabel yaitu 32,012 > 1,701 berarti Hoditolak. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara operasi hitung bilangan dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan volume dan luas bangun ruang. Koefisien determinasi (r2) diperoleh sebesar 0,9722 atau 97,22 % yang menunjukkan besarnya sumbangan operasi hitung bilangan terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan volume dan luas bangun ruang.