Abstrak
ABSTRAK Sally Amalia. Analisis Pola-pola Pengembangan Paragraf dalam karangan Siswa Kelas II MTs Al-Barkah Kabupaten Sukabumi SKRIPSI. Jakarta : Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Oktober 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola-pola pengembangan paragraf dalam karangan siswa dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MTs. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei 2006 di sukabumi.Fokus penelitian ini adalah pola-pola pengembangan paragraph terdiri dari ruang-waktu, sebab-akibat,pembandingan, ibarat, daftar dan contoh. Objek penelitian ini adalah karangan siswa kelas II MTs Al-Barkah Kabupaten Sukabumi pada tahun pembelajaran 2006. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan tabel analisis. Data penelitian ini berupa 129 paragraf dari 40 karangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 129 paragraf yang dianalisis, pola pengembangan paragraph runtunan ruang waktu berjumlah ( 74 ), pola pengembangan paragraf sebab-akibat berjumlah ( 27 ), pola pengembangan paragraf pembandingan berjumlah ( 4 ), pola pengembangan paragraf ibarat berjumlah ( 4 ),pola pengembangan paragraf daftar berjumlah ( 0 ), dan pola pengembangan paragraf contoh berjumlah ( 3 ), ruang waktu dan perbandingan berjumlah ( 6 ), sebab akibat dan ruang waktu berjumlah ( 10 ), ruang waktu dan contoh berjumlah ( 1 ), ibarat dan ruang waktu berjumlah ( 5 ), sebab akibat dan contoh berjumlah ( 1 ) ibarat dan contoh berjumlah ( 1 ). Implikasinya terhadap pembelajaran bahasa, yaitu guru dapat menyajikan bermacam pola pengembangan paragraf untuk dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran membaca dan menulis.