Abstrak
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. UHAMKA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT PEMINATANAN MENEJEMEN RUMAH SAKIT Skiripsi, 8 September 2006 JUSTICIA EDWAR ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTSAN PASIEN UNTUK BEROBAT DI POLIKLINIK SPESIALIS ANAK RUMAH SAKIT AGUNG MANGGARI JAKARTA SELATAN PADA BULAN JULI TAHUN 2006 ABSTRAK Dalam bidang Kesehatan diterbitkanya Undang- Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan telah di atur arah kebijakan pembengunan di bidang kesehatan. Disebutkan pula bahwa sarana kesehatabn termasuk rumah sakit adalah tempat yang digunakan untuk menyelengagrakan kesehatan. Untuk memasarkan produk pelayanan rumah sakit, dibutuhkan konsep dan strategi dengan fokus pada konsumennya. Pemasaran rumah sakit perlu pengemasan yang sangat baik,karena system pemasaran rumah sakit masih harus memperhatikan norma-norma dan etika yang masih tertanam di masyarakat bahwa umah sakit merupakan tempat playanan sosial. Rumah Sakit Agung Manggarai merupakan salah satu rumah sakit yang di kelola oleh swasta yang di dirikan pada tanggal 1 Febuari tahun 1990 di Manggarai Jakarta. Sampai Dengan saat ini. Dalam pelayanan, Rumah Sakit Agung memiliki beberapa jenis pelayanan, rawat jalan ( poliklinik- poliklinik) dan juga unit ? unit penunjang medis Dalam bidang pemasaran yang ada di Rumah Sakit Agung Manggarai saat ini masih kurang efektif, hal ini di sebabkan karena progam pemasran yang ingin dilaksanakan oleh Rumah Sakit Agung yang masih belum dapt berjalan secara maksimal karena kondisi Rumah Sakit Agung sendiri yang sedang mengalami proses pembaharuan syistem organisasi dan renofasi gedung. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari keadaan masyarakat yang di sekitar Rumah Sakit Agung yang mayoritas penduduknya dari kalangan ekonomi menengah kebawah. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan menggunakan cross sectional untuk mendapatkan gambaran bauran pemasaran yang meliputi product, price, plance, promotion terhadap keputusan pembelian konsumen untuk kembali dating mendapatkan pelayanan kesehatan di Poliklinik Spesialis Anak Rumah Sakit Agung Manggarai. Ruang lingkup dari Penelitian ini adalah pasien baru di unit rawat jalan Poliklinik Spesialis Anak di Rumah Sakit Agung Manggarai pada bulan juli pada tahun 2006. Berdasarkan penelitian tentang bauranpemaaran terhadap keputusan pembelian konsumen di Poliklinik Spesialis Anak Rumah Sakit Agung Manggarai, maka dapat di simpulkan,gambaran bauran pemaasaran yang meliputi aspek 4 P ; produck,price,place, promotion terhadap keputusan pembeli konsumen di Poliklinik Spesialis Anak Rumah Sakit Agung Manggarai, bahwa yang mamutuskan untuk dating lagi berobat ke Rumah Sakit Agung Manggarai sebanyak 51 orang ( 78,5 %) dan yang memutuskan untuk tidak