Abstrak
ABSTRAK Antonia Fransisca, Hubungan antara Motivasi berprestasi dan pengalaman mengatasi masalah, dengan kinerja guru BK Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas dan pasti hubungan antara Motivasi berprestasi dan pengalaman mengatasi masalah, dengan kinerja guru BK. Penelitian dilakukan di lingkungan Diknas Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama Jakarta Selatan dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan angket melalui pendekatan korelasional. Populasinya adalah seluruh guru SMAN di Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama Jakarta Selatan dengan menggunakan teknik sampling random yaitu pengambilan data secara acak. Dalam penelitian terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung: 1) motivasi berprestasi dengan kinerja guru BK, 2) pengalaman mengatasi masalah dengankinerja guru BK, dan 3) motivasi berprestasi dan pengalaman mengatasi masalah secara bersama-sama dengan kinerja guru BK . Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen kinerja guru BK memiliki reliabilitas rtt = 0,8997 motivasi berprestasi memiliki reliabilitas rtt = 0,78556, dan pengalaman mengatasi masalah memiliki reliabilitas rtt = 0,941776. Data penelitian dianalisa dengan menggunakan regresi tunggal sederhana. Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi (X1) dengan kinerja guru BK (Y) memperoleh persamaan regresi Ŷ = 50,996 + 0,506 X1, koefisien korelasi ry1 = 0,4794 dan uji signifikansi X1 dengan, Y t01 = 3,9773, dan kontribusi X1 terhadap Y R2y1 = 22,98% pada taraf signifikansi α = 0,05, (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengalaman mengatasi masalah (X1) dengankinerja guru BK (Y) memperoleh persamaan regresi Ŷ =38,128 + 0,602 X2 koefisien korelasi ry2 = 0,5555, dengan uji signifikansi X2 dengan, Y t02 = 4,8576, dan kontribusi X2 terhadap Y R2y1 =30,80% pada taraf signifikansi α = 0,05 (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi (X1) dan pengalaman mengatasi masalah (X2) secara bersama-sama dengankinerja guru BK (Y) memperoleh persamaan regresi ganda Ŷ = 26,632 + 0,253X1 + 0,453 X2 koefisien korelasi ry12 = 0,5888 dengan uji signifikansi X2 dengan, Y t012= 5,5008, kontribusi motivasi berprestasi (X1) dan pengalaman mengatasi masalah (X2) secara bersama-sama dengankinerja guru BK (Y), R2 y.12 = 34,67 pada taraf signifikansi α = 0,05. Pada akhirnya hasil penilitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan khususnya untuk kinerja guru BK SMAN Jakarta Selatan.