Abstrak
ABSTRAK Prihandini. Hubungan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru dengan Kualitas Layanan Guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Bekasi. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka,2011. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah dan disiplin kerja guru secara bersama sama terhadap kualitas layanan guru SMA di Bekasi. Untuk menentukan bentuk dan dasar hubungan variabel variabel digunakan analisis regresi dan korelasi sederhana maupun ganda dengan taraf signifikan α = 0,05. Dalam penelitain ini populasinya adalah guru SMA Negeri di Kota Bekasi yang berjumlah 724 orang dari 15 sekolah. Penelitian ini mengambil sample sebanyak 88 guru SMA negeri di Bekasi dengan tehnik sampel acak (random sampling). Berdasarkan kajian teori dan kerangka berfikir tentang kemampuan manajerial kepala sekolah dan disiplin kerja guru terhadap kualitas layanan guru peneliti berhipotesis: 1. Terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan kualitas layanan guru. 2. Terdapat hubungan positif antara disiplin kerja guru dengan kualitas layanan guru. 3. Terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah dan disiplin kerja guru secara bersama-sama dengan kualitas layanan guru. Instrumen penelitian adalah (1) kuesioner yang mengukur kemampuan manajerial kepala sekolah (2) kuesioner yang mengukur disiplin kerja guru (3) kuesioner yang mengukur kualitas layanan guru. Analisis data menggunakan tehnik regresi sederhana dan regresi jamak. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1. Terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kualitas layanan guru SMA negeri di Bekasi. Hal ini ditunjukan dengan persamaan regresi Ŷ = 48,140 + 1,068 X1 dan koefisien determinasi sebesar 0,134 dengan uji signifikansi korelasi mendapat hasil sebesar 4,104 serta kontribusi kemampuan manajerial terhadap kualitas layanan guru sebesar 13,4% 2. Terdapat hubungan positif antara disiplin kerja guru terhadap kualitas layanan guru SMA di Bekasi,ditunjukan dengan persamaan regresi Ŷ = 152,632 + 0,139 X2 dan koefisien determinasi sebesar 0,028 dengan uji signifikan korelasi mendapatkan hasil sebesar 1,879 dengan kontribusi disiplin kerja terhadap kualitas layanan guru sebesar 2,8% 3. Terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah dan disiplin kerja guru secara bersama dengan kualitas layanan guru SMA negeri di Bekasi. Hal ini ditunjukan dengan persamaan regresi Ŷ = 48,238 + 1,085 X1 - 0,018 X2 dan koefisien determinasi sebesar 0,554 serta kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah dan disiplin kerja guru terhadap kualitas layanan guru sebesar 55,4%