Abstrak
Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah instrumen sikap ilmiah siswa SMP dalam pelajaran fisika. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Butir-butir pernyataan yang dikembangkan dalam instrumen dipilih berdasarkan penilaian rasional melalui CVR dan penskalaan normal. Draf awal terdiri dari 75 butir pernyataan, 62 butir terpilih berdasarkan CVR dan selanjutnya 50 butir terpilih berdasarkan penskalaan normal. Untuk penskalaan normal instrumen diujicobakan terhadap 310 siswa SMP, butir yang lolos kemudian diujicobakan terhadap 250 siswa untuk menguji ketepatan model. Validitas konstruk ditentukan dengan melakukan analisis konfirmatori faktor. Pengujian ketepatan model menggunakan metode Maximum Likelihood, diperoleh nilai fungsi minimum Chi-Square sebesar 1205,908 dengan probabilitas 0,246. Hal ini menunjukan bahwa model instrumen yang terdiri dari 3 dimensi adalah fit. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan memilih reliabilitas average variance extracted diperoleh koefisien sebesar 0,9899. Dapat disimpulkan bahwa instrumen sikap ilmiah siswa SMP memiliki validitas dan reliabilitas internal yang layak. Uji coba lebih lanjut masih diperlukan untuk dapat menjadi instrumen baku.