Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mengkaji mengenai hubungan antara (1) minat belajar dan hasil belajar pendidikan jasmani, (2) kompetensi guru dan hasil belajar pendidikan jasmani, dan (3) minat belajar dan kompetensi guru dengan hasil belajar pendidikan jasmani . Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara minat belajar dan hasil belajar pendidikan jasmani, (2) terdapat hubungan positif antara kompetensi guru dan hasil belajar pendidikan jasmani, (3) terdapat hubungan positif antara minat belajar dan kompetensi guru secara bersama-sama dengan hasil belajar pendidikan jasmani. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri di Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan yang berjumlah 630 siswa. Sampel berjumlah 63 orang siswa dengan menggunakan teknik acak sederhana (Simple Random Sampling). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel minat belajar, kompetensi guru dengan angket model skala Likert. Keterandalannya (Reliabilitas) dihitung dengan rumus Alpha Cronbachs, sedangkan variabel hasil belajar menggunakan Tes belajar. Hasil uji coba untuk variabel minat belajar adalah sebesar r11 = 0,9843; hasil uji coba untuk variabel kompetensi guru adalah sebasar r11 = 0,9605; dan hasil uji coba untuk variabel hasil belajar penjaskes adalah sebesar r11 = 0,9403. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistik korelasi sederhana, ganda dan parsial, serta regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar pendidikan jasmani, dengan persamaan regresi Ŷ= 1,03 + 0,14X1 dan koefesien korelasi ry1 = 0,531; pada taraf signifikansi α = 0,05. Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi guru dengan hasil belajar pendidikan jasmani, dengan persamaan regresi Ŷ= 0,87 + 0,13X2 dan koefesien korelasi ry2 = 0,510; pada taraf signifikansi α = 0,05. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan kompetensi guru dengan hasil belajar pendidikan jasmani, dengan persamaan regresi Ŷ= -1,9 + 0,090X1 + 0,070X2 dan koefesien korelasi Ry.12 = 0,572; pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa hasil belajar pendidikan jasmani (Y) dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan minat belajar siswa (X1) dan kompetensi guru (X2)