Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan pembelajaran dan kreativitas peserta didik terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 80 Jakarta pada Semester I tahun pelajaran 2011/2012. Metode Penelitian adalah eksperimen dengan melibatkan 52 peserta didik sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan Teknik Two Stage Cluster Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis ANOVA 2 jalan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Hasil belajar Matematika peserta didik yang diajar dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional; (2) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kreativitas peserta didik terhadap hasil belajar Matematika; (3) Hasil belajar Matematika peserta didik yang memiliki kreativitas tinggi yang diajar dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) lebih tinggi dari peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional; (4) Hasil belajar Matematika peserta didik yang memiliki kreativitas rendah yang diajar dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) lebih rendah dari peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: peserta didik yang memiliki kreativitas tinggi lebih cocok diajar menggunakan pendekatan pembelajaran Matematika Realistik dan peserta didik yang memiliki kreativitas rendah lebih cocok diajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional.