Abstrak
ABSTRAK
POPON NURJANAH, Hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal sekolah, dengan kepuasan kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Bintan Timur. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011.
Tujuan penelitian untuk mengamati Hubungan antara Gaya kepemimpinan kepala
sekolah dan komunikasi interpersonal sekolah, dengan kepuasan kerja guru. Penelitian dilakukan di lingkungan Diknas Sekolah Menengah Pertama Negeri Bintan Timur dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuisioner melalui pendekatan korelasional. Populasinya adalah seluruh guru SMPN Bintan Tinur dengan menggunakan teknik proportional random sampling.
Dalam penelitian terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung: 1) gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, 2) komunikasi interpersonal sekolah dengan kepuasan kerja guru, dan 3) gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal sekolah secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru.
Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen kepuasan kerja gurumemiliki reliabilitas rtt = 0,7777 gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki reliabilitas rtt = 0,7831, dan komunikasi interpersonal sekolah memiliki reliabilitas rtt = 0,7392.
Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana. Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dengan kepuasan kerja guru (Y) memperoleh persamaan regresi Ŷ= 51,262 + 0,640 X1, koefisien korelasi ry1= 0,6267 dan uji signifikansi X1 dengan Y, t01= 5,855, dan kontribusi X1 terhadap Y R2y1 =39,273% pada taraf signifikansi α = 0,05, (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara komunikasi interpersonal sekolah (X2) dengan kepuasan kerja guru (Y) memperoleh persamaan regresi Ŷ= 82,570+ 0,512X2 koefisien korelasi ry2 = 0,5654, dengan uji signifikansi X2 dengan Y, t02= 4,990, dan kontribusi X2 terhadap Y, R2 y2 =31,967% pada taraf signifikansi α = 0,05 (3) terdapat hubungan positif yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan komunikasi interpersonal sekolah (X2) secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru(Y) memperoleh persamaan regresi ganda Ŷ = 32,723 + 0,482X1 + 0,297X2 koefisien korelasi ry12 = 0,7091 dengan uji signifikansi X2 dengan Y, t012= 7,592, kontribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan komunikasi interpersonal sekolah (X2) secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru(Y), R2y.12 = 50,278% pada taraf signifikansi α = 0,05.
Pada akhirnya hasil penilitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan khususnya untuk kepuasan kerja guru SMPN Bintan Timur.