Abstrak
ABSTRAK
Raja Suzana Fitri ,Pengaruh Kepemimpinan Demokrasi Kepala Sekolah Dan Lingkungan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Tanjung Pinang. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA. 2011
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi pengaruh kepemimpinan demokrasi kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap disiplin kerja Guru secara sendiri-sendiri.
Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat pengaruh langsung kepemimpinan demokrasi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru; (2) terdapat pengaruh langsung lingkungan kerja terhadap disiplin kerja guru; (3) terdapat pengaruh langsung kepemimpinan demokrasi kepala sekolah terhadap lingkungan kerja. Penelitian dilaksanakan di wilayah Tanjung Pinang yang meliputi Sekolah Menengah Pertama Negeri di Tanjung Pinang. Metode penelitian dilakukan melalui metode survey dengan pemilihan sampel menggunakan teknik Sampel Random Sampling, responden penelitian terdiri dari guru yang terdaftar di SMPN Tanjung Pinang terdiri dari 4 SMPN, dari jumlah tersebut populasi guru adalah 130 orang, masing-masing guru memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel dalam penelitian adalah 98 orang.
Instrumen yang digunakan adalah angket disiplin kerja Guru sebagai variable endogen sedangkan angket kepemimpinan demokrasi kepala sekolah dan angket lingkungan kerja sebagai variabel eksogen. Sedangkan ketiga instrumen divalidasi menggunakan korelasi Product MomentI dan kehandalan dihitung dengan rumus Alpha Cronbach.
Hasil uji coba menunjukkan bahwa kehandalan masing-masing instrument adalah sebagai berikut: kepemimpinan demokrasi kepala sekolah r11 = 0.975, lingkungan kerja r11 = 0.970, disiplin kerja guru r11 = 0.945, selanjutnya analisis data menggunakan rumus korelasi dan regresi.
Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut: pertama, terdapat pengaruh langsung kepemimpinan demokrasi kepala sekolah (X2)terhadap disiplin kerja Guru (X3 ) dengan persamaan regresi X3 = 49,017 + 0,637 X1 dan koefisien korelasi (r13) sebesar 0,637 pada taraf signifikan 0.05 (5%), kedua terdapat pengaruh langsung lingkungan kerja (X2) terhadap disiplin kerja Guru (X3) dengan persamaan regresi X3 = 45,361+ 0,640 X2 dan koefisien korelasi (r32) sebesar 0,640 pada taraf signifikan 0.05 (5%) dan ketiga terdapat pengaruh langsung kepemimpinan demokrasi kepala sekolah (X1) terhadap lingkungan kerja ( X2) dengan persamaan regresi X3 = 83,710 + 0,485X2 dan koefisien korelasi (r32) sebesar 0,485 pada taraf signifikan 0.05 (5%).
Hasil penelitian ini berguna untuk mengoptimalkan ketepatan kepemimpinan demokrasi kepala sekolah dan memperbaiki lingkungan kerja dalam upaya meningkatkan disiplin kerja Guru.