Abstrak
Penelitian ini sebagai sarana kajian, bertujuan untuk mengetahui dan menganalis pengaruh pendekatan pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa. Sampel peneltian sebanyak 52 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Multistage Random Sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dengan model treatment by levels. Instrument yang digunakan dalam mengunpulkan data kreativitas adalah kuesioner. Sedangkan untuk instrumen hasil belajar Matematika dalam bentuk tes uraian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1). Hasil belajar Matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended lebih tinggi daripada hasil belajar Matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar Matematika. (3) Pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi, hasil belajar Matematika yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended lebih tinggi daripada hasil belajar Matematika yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. (4) Pada siswa yang memiliki kreativitas rendah, hasil belajar Matematika yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended lebih rendah daripada hasil belajar Matematika yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Hasil kajian penelitian ini diinterpretasikan untuk mendapatkan pemecahan masalah sebagai masukan yang berguna bagi guru Matematika untuk menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended dan meningkatkan hasil belajar Matematika siswa.