Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan minat siswa terhadap hasil belajar matematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Tangerang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika pada kelompok siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan mempunyai minat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana (simple random sampling) yang dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Tangerang tahun pelajaran 2009/2010 sebagai populasi terjangkau.Sebanyak 40 siswa sebagai sampel penelitian. Hasil uji coba instrument penelitian menunjukkan bahwa reliabilitas instrument hasil belajar matematika mempunyai rhitung = 0,912 dan minat siswa mempunyai rhitung = 0,927. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi ⍺ = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) kelompok tidak berbeda dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) individu (Fhitung = 0,28 Ftabel = 4,11). Disamping itu terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) kelompok dengan siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) individu pada siswa yang mempunyai minat tinggi terhadap mata pelajaran matematika (Qhitung = 4,81 > Qtabel = 4,33). Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) kelompok tidak berbeda dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) individu untuk siswa yang mempunyai minat rendah terhadap mata pelajaran matematika (Qhitung sebesar 2,05 < Qtabel sebesar 4,33).