Abstrak
Penelitian ini memfokuskan kepada : ( 1 ) evaluasi konteks penggunaan media pembelajaran perangkat lunak ?Pesona Matematika? di SMP Negeri 117 Jakarta; ( 2 ) evaluasi input penggunaan media pembelajaran perangkat lunak ?Pesona Matematika? di SMP Negeri 117 Jakarta; ( 3 ) evaluasi proses penggunaan media pembelajaran perangkat lunak ?Pesona Matematika? di SMP Negeri 117 Jakarta; ( 4 ) evaluasi produk penggunaan media pembelajaran perangkat lunak ?Pesona Matematika? di SMP Negeri 117 Jakarta. Evaluasi program yang digunakan adalah evaluasi Contex, Input, Prosess dan Product ( CIPP ) dan metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, wawancara mendalam, kuesioner, pengamatan lapangan, penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 117 Jakarta pada semester II tahun pelajaran 2009 / 2010, diambil 2 kelas sebagai sampel, 1 kelas diberi pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak ?Pesona Matematika? dan 1 kelas lagi sebagai kelas kontrol. Respondennya terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 1 wakil kepala sekolah, 5 orang staf, 5 orang guru matematika, dan 80 orang siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji-t dua sample independen satu sisi untuk sisi atas dengan hasil analisis p-value ( 2 ? tailed ) = 0, 0335 kurang dari α = 0,05, maka Ho : μ1 ≤ μ2 ditolak, Hasil penelitian menyimpulkan bahwa rerata ( mean ) skor ulangan harian siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan software ?pesona matematika? lebih tinggi dibandingkan rerata skor ulangan harian siswa yang pembelarajannya tidak menggunakan software ?pesona matematika?, dapat diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media perangkat lunak ?pesona matematika? sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan evaluasi CIPP dapat digunakan untuk mengetahui kendala serta pemecahan masalah dari suatu program.