Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh penguasaan materi matematika dan pengetahuan evaluasi terhadap kualitas tes matematika buatan guru di kelompok kerja madrasah negeri kabupaten Tangerang. Hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh positif penguasaan materi matematika dan pengetahuan evaluasi terhadap kualitas tes matematika buatan guru dikelompok kerja adrasah tsanawiyah negeri rajeg. Populasi penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Rajeg yang berjumlah 60 Madrasah dengan jumlah 76 orang guru matematika. Sampel ditetapkan sebanyak 30 orang dengan teknik Multistages Random Sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey kausal dengan teknik analisis jalur. Pengumpulan data untuk variabel penguasaan materi matematika dan pengetahuan evaluasi masing-masing digunakan tes. Sedangkan untuk variabel kualitas tes matematika buatan guru diguanakan hasil tes matematika buatan guru, yang dihasilkan dari validitas isi, validitas butir soal dan reliabilitas. Koefisien reliabilitas kedua reliabilitas masing-masing adalah 0,854 dan 0,874
Hasil penelitian menunjukkan, pertama, terdapat pengaruh langsung penguasaan materi matematika terhadap kualitas tes matematika, yang ditunjukan oleh koefisien jalur p31 = 0,680 Artinya kontribusi penguasaan materi matematika (X1) yang secara langsung mempengaruhi kualitas tes matematika buatan guru (X3) adalah 68%. Kedua, terdapat pengaruh langsung pengetahuan evaluasi terhadap kualitas tes matematika buatan guru, hal tersebut ditunjukan oleh koefisien jalur p32 = 0,877. Artinya kontribusi pengetahuan evaluasi (X2) yang secara langsung mempengaruhi kualitas tes matematika buatan guru (X3) adalah 87,7 %. Ketiga, terdapat pengaruh langsung penguasaan materi matematika terhadap pengetahuan evaluasi, hal ini ditunjukan oleh koefisien jalur p21 = r12 = 0,519 . Artinya kontribusi penguasaan materi matematika (X1) yang secara langsung mempengaruhi pengetahuan evaluasi (X2) adalah 51,9 %.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penguasaan materi matematika memiliki kaitan erat dengan kualitas tes matematika buatan guru. Sedangkan pengetahuan evaluasi memiliki kaitan erat dengan kualitas tes matematika buatan guru Dengan kata lain kualitas tes matematika buatan guru dapat ditentukan oleh penguasaan materi matematika dan pengetahuan evaluasi dapat menentukan kualitas tes matematika buatan guru. Hal ini menunjukan bahwa makin kuat penguasaan materi matematika makin tinggi pengetahuan evaluasi makin baik kualitas tes matematika buatan guru, begitu juga sebaliknya.