Abstrak
ABSTRAK Judul Skripsi : Hubungan Terpaan Iklan Esia Rp 1 versi ?Guru Sekolah Taman Kanak-Kanak? Di Televisi Dengan Minat Beli Produk Esia Pada Warga RW 01 Kelurahan Sukabumi Selatan, Jakarta Barat Nama : Mutiara Dewi NIM : 0706015070 Program Studi : Ilmu Komunikasi Peminatan : Periklanan Halaman : 170 halaman + xxv + 61 tabel + 2 gambar Jumlah Buku : 47 buku + 3 skripsi Saat ini persaingan memperebutkan konsumen semakin hebat. Hal ini dapat dilihat dari berbagai macam iklan yang ada di masyarakat yang dibuat oleh produsen dan biro iklan dengan semenarik mungkin agar menarik perhatian para konsumen sehingga konsumen mau membeli produk yang diiklankannya. Iklan telah berfungsi sebagai ujung tombak perusahaan dalam menembus pasar yang semakin ketat. Agar suatu pesan iklan menjadi efektif proses pengiriman harus berhubungan dengan proses penerimaan si penerima, untuk itu komunikator harus merancang pesan agar menarik perhatian sasarannya. Sejauh mana audien memberikan respon pada iklan akan menentukan pada munculnya minat konsumen pada produk yang diiklankan. Maka dari itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat hubungan antara terpaan iklan esia Rp 1 versi ?guru sekolah taman kanak-kanak? di televisi dengan minat beli produk esia pada masyarakat RW 01 Kelurahan Sukabumi Selatan, Jakarta Barat? Penelitian ini menggunakan teori S-O-R dan AIDCA, pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksplanatif dan menggunakan metode riset survei, dengan mengambil populasi sejumlah 1054 orang dengan jumlah sampel 290 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu analisis korelasi non parametric menggunakan skala Likert, sedangkan untuk hipotesis penelitian menggunakan Spearman?s Rank. Berdasarkan hasil analisis korelasi non parametic, nilai koefisien korelasi 0.585 pada level signifikan 0.01, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara terpaan iklan Esia Rp 1 versi guru sekolah taman kanak-kanak dengan minat beli produk Esia pada warga RW 01 Kelurahan Sukabumi Selatan Jakarta Barat, sedangkan nilai korelasi antara terpaan iklan Esia Rp 1 versi guru sekolah taman kanak-kanak dengan minat beli produk Esia pada warga RW 01 Kelurahan Sukabumi Selatan, Jakarta Barat sebesar 0.585 yang dikategorikan cukup kuat, maka dapat disimpulkan bahwa r > 0. Hal ini membuktikan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. H1 : r > 0 (terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara terpaan iklan Esia Rp 1 versi guru sekolah taman kanak-kanak dengan minat beli produk Esia pada warga RW 01 Kelurahan Sukabumi Selatan, Jakarta Barat).